Kamis, 24 November 2016

KONFIGURASI PERALATAN-PERALATAN

 

     KONFIGURASI PERALATAN-PERALATAN
  1. Inisiasi konfigurasi router ISR (Integrated Service Router)
ISR mengkombinasikan fitur seperti fungsi routing dan switching, security, voice, koneksi LAN dan WAN ke dalam sebuah alat.
Apa itu Router ?
Router adalah komputer khusus yang memiliki tugas utama mengirimkan paket melalui jaringan komputer. Router bertanggungjawab dalam hal mengkoneksikan antar jaringan dengan cara memilih jalur terbaik bagi paket untuk diteruskan sampai ke tujuan akhir.
Komponen Router :
  1. CPU – Menjalankan perintah operating system
  2. Random access memory (RAM) – Berisi file salinan konfigurasi yang sedang berjalan saat ini. Menyimpan routing table. Isi RAM hilang apabila power dimatikan.
  3. Read Only Memory (ROM) – Menyimpan diagnostic software yang digunakan ketika router mulai dinyalakan. Menyimpan program bootstrap router.
  4. Nonvolatile RAM (NVRAM) – Menyimpan startup configuration. Termasuk didalamnya alamat – alamat IP (Routing protocol, Hostname dari router)
  5. Flash memory – Berisi operating system (Cisco IOS)
  6. Interfaces – Terdapat banyak interface fisik yang digunakan untuk terhubung dengan jaringan.
Contoh jenis interface:
– Ethernet / fast Ethernet interfaces
– Serial interfaces
– Management interfaces
Konfigurasi Router
Langkah inisialisasi yang digunakan untuk mengkonfigurasi router tidaklah terlalu sulit. Cisco IOS menyediakan banyak tool yang dapat digunakan untuk ditambahkan dalam file konfigurasi. Diharapkan setelah melewati modul ini, Anda akan mampu:
  • Memberi nama ke router
  • Setting password
  • Memahami perintah show
  • Mengkonfigurasi interface serial
  • Mengkonfigurasi interface Ethernet
  • Menjalankan perubahan router
  • Menyimpan perubahan konfigurasi
  • Mengkonfigurasi deskripsi interface
  • Mengkonfigurasi message-of-the-day banner
  • Mengkonfigurasi table host
  • Memahami betapa pentingnya backup dan dokumentasi file konfigurasi
  1. Setup Fisik pada ISR
Mengeksekusi file konfigurasi startup atau memasuki mode setup antara lain :
Startup file konfigurasi
File konfigurasi startup adalah file konfigurasi disimpan yang menentukan sifat dari perangkat setiap kali perangkat bertenaga. File ini disimpan dalam non-volatile RAM (NVRAM), yang berarti bahwa itu disimpan bahkan ketika daya ke perangkat dimatikan.
Ketika sebuah router Cisco pertama kali menyala, itu beban perangkat lunak Cisco IOS untuk bekerja memori, atau RAM. Selanjutnya, file konfigurasi startup dicopy dari NVRAM ke RAM. Ketika file konfigurasi startup terisi ke dalam RAM, file menjadi awal menjalankan konfigurasi.

Menjalankan File Konfigurasi
Istilah yang menjalankan konfigurasi mengacu pada konfigurasi saat ini berjalan di RAM pada perangkat. File ini berisi perintah yang digunakan untuk menentukan bagaimana perangkat beroperasi pada jaringan.
Menjalankan file konfigurasi disimpan dalam memori kerja perangkat. Perubahan parameter konfigurasi perangkat dan berbagai dapat dibuat ketika file tersebut dalam memori kerja. Namun, menjalankan konfigurasi hilang setiap kali perangkat dimatikan, kecuali menjalankan konfigurasi disimpan ke file konfigurasi startup.
Setelah file konfigurasi startup terisi dan sepatu router berhasil, perintah show version dapat digunakan untuk memverifikasi dan troubleshoot beberapa perangkat keras dasar dan komponen perangkat lunak yang digunakan selama proses bootup. Output dari perintah show version meliputi:
  1. Konfigurasi SDM Express
Langkah-Langkah Konigurasi SDM Express antara lain :
  1. Nama router.
  2. Tentukan nama pengguna dan menentukan password.
  3. Anda dapat mengkonfigurasi router secara manual menggunakan wizard Cisco SDM Express, atau ketentuan itu dengan file konfigurasi dimuat dari USB tanda atau perangkat USB flash, Aman Perangkat Provisioning (SDP), atau Cisco Network Services, jika didukung oleh Cisco IOS.
  4. Jika Anda menggunakan Cisco Layanan Jaringan untuk mengkonfigurasi router Anda, Anda dapat memberikan parameter Cisco Layanan Jaringan yang akan memungkinkan router untuk menghubungi server Cisco Network Services dan memperoleh konfigurasi.
  5. Mengubah default pabrik alamat IP LAN.
Tugas ini dilewati jika SDP atau Cisco Network Services dipilih untuk pengadaan router.
  1. Buat kolom alamat DHCP untuk LAN.
Tugas ini dilewati jika SDP atau Cisco Network Services dipilih untuk pengadaan router.
  1. Mengidentifikasi server DNS dan nama domain organisasi Anda.Konsultasikan administrator jaringan atau penyedia layanan Internet untuk informasi ini.
Tugas ini dilewati jika SDP atau Cisco Network Services dipilih untuk pengadaan router.
  1. Buat koneksi WAN.
  2. Buat firewall untuk koneksi LAN dan WAN.
  3. Membuat pengaturan yang akan meningkatkan keamanan jaringan dan kinerja.
  1. Konfigurasi koneksi WAN menggunakan SDM Express

INTERNET (WAN): ETHERNET ANTARMUKA

Gunakan jendela ini untuk mengkonfigurasi antarmuka Ethernet WAN.

AKTIFKAN PPPOE KOTAK CENTANG

Jika penyedia layanan Anda mengharuskan menggunakan router PPPoE, periksa untuk mengaktifkan PPPoE enkapsulasi. Hapus tanda centang jika penyedia layanan Anda tidak menggunakan PPPoE. Kotak centang ini tidak tersedia jika router Anda menjalankan rilis Cisco IOS yang tidak mendukung PPPoE enkapsulasi.

ALAMAT JENIS DAFTAR

Pilih salah satu dari berikut:
  1. IP statis Alamat Option
Jika Anda memilih alamat IP statis, masukkan alamat IP dan subnet mask atau bit subnet dalam bidang yang tersedia.
  1. Dinamis (DHCP Client)
Jika Anda memilih Dinamis, router akan menyewa alamat IP dari server DHCP jauh. Masukkan nama server DHCP yang akan memberikan alamat.
  1. IP Option Tak Terbilang
Pilih IP Tak Terbilang jika Anda ingin antarmuka untuk berbagi alamat IP yang telah ditetapkan untuk antarmuka lain. Kemudian, pilih interface yang alamat IP Anda ingin antarmuka yang Anda mengkonfigurasi untuk menggunakan. Jika Anda tidak memilih Enable PPPoE, pilihan ini tidak tersedia.
  1. IP mudah (IP Negosiasi)
Pilih IP Easy (IP Negosiasi) jika router akan mendapatkan alamat IP oleh PPP / IPCP alamat negosiasi. Jika Anda tidak memilih Enable PPPoE, pilihan ini tidak tersedia.

  OTENTIKASI JENIS KOTAK CENTANG

Centang kotak untuk jenis otentikasi yang digunakan oleh penyedia layanan Anda. Jika Anda tidak tahu tipe yang menggunakan penyedia layanan Anda, Anda dapat memeriksa kedua kotak : router akan mencoba kedua jenis otentikasi, dan salah satu upaya akan berhasil.
Otentikasi CHAP lebih aman dari otentikasi PAP.

NAMA PENGGUNA LAPANGAN

Diberikan kepada Anda oleh penyedia layanan Internet atau administrator jaringan dan digunakan sebagai username untuk CHAP dan / atau otentikasi PAP.

SANDI LAPANGAN

Masukkan password persis seperti yang diberikan kepada Anda oleh penyedia layanan Anda. Password adalah case sensitif. Sebagai contoh, password “test” tidak sama dengan “Test”.

KONFIRMASI PASSWORD LAPANGAN

Masukkan kembali password yang sama yang Anda masukkan dalam kotak sebelumnya.

MENYEGARKAN, APPLY CHANGES, BUANG PERUBAHAN BUTTONS

Terlihat jika Anda mengedit konfigurasi awal. Klik Cisco SDM Express Tombol untuk informasi lebih lanjut.
  1. Konfigurasi NAT menggunakan SDM
Langkah 1: Buat sambungan dari PC ke router
  1. Power router.
  2. Power PC.
  3. Nonaktifkan program popup blocker apapun. Popup blocker mencegah jendela SDM dari tayangan tersebut.
  4. Hubungkan NIC PC ke FastEthernet 0 / 0 (Fa0 / 0) port pada router Cisco 1841 ISR dengan Ethernet kabel. Catatan: Sebuah router SDM selain 1841 mungkin memerlukan koneksi ke port yang berbeda untuk mengakses SDM.
  5. Konfigurasi alamat IP PC menjadi 192.168.1.2 dengan subnet mask 255.255.255.0.
  6. SDM tidak memuat secara otomatis pada router. Anda harus membuka web browser untuk mencapai SDM tersebut. Buka browser web pada PC dan terhubung ke URL berikut:http://192.168.1.1.
  7. Pada Hubungkan ke kotak dialog, masukkan admin untuk username dan cisco123 untuk memasukkan sandi. Ini dikonfigurasi di lab sebelumnya. Klik OK. Aplikasi web utama SDM akan mulai dan Anda akan diminta untuk menggunakan HTTPS. Klik Batal. Pada jendela Peringatan Keamanan, klik Ya untuk mempercayai Cisco aplikasi.
  8. Pastikan bahwa Anda menggunakan versi terbaru SDM. Layar SDM awal yang segera menampilkan setelah login menunjukkan nomor versi saat ini. Hal ini juga ditampilkan pada layar utama ditampilkan SDM di bawah ini, bersama dengan versi IOS.
Langkah 2: Konfigurasi SDM untuk menunjukkan Cisco IOS CLI perintah.
  1. Dari menu Edit SDM di jendela utama, pilih Preferensi.
  2. Periksa perintah Pratinjau sebelum pengiriman ke kotak cek router. Dengan kotak cek ini diperiksa, Anda dapat melihat Cisco IOS perintah CLI yang akan Anda gunakan untuk melakukan konfigurasi fungsi router sebelum perintah-perintah dikirim ke router. Anda dapat mempelajari tentang Cisco IOS Perintah CLI cara ini.
Langkah 3: Peluncuran Wizard NAT Dasar
  1. Dari menu Configure, klik tombol NAT untuk melihat halaman konfigurasi NAT. Klik Dasar NAT tombol radio lalu klik Launch tugas yang terpilih.
  2. Dalam Selamat datang di jendela NAT Dasar Wizard, klik Next
Langkah 4: Pilih antarmuka WAN untuk NAT
  1. Pilih Serial0/0/0 antarmuka WAN dari daftar. Centang kotak untuk kisaran alamat IP yang merupakan jaringan internal dari 192.168.1.0 ke 192.168.1.255. Ini adalah rentang yang memerlukan konversi menggunakan proses NAT.
  2. Klik Next, dan, setelah Anda telah membaca Ringkasan Konfigurasi, klik Finish.
  3. Dalam Kirim ke jendela Konfigurasi Router, meninjau perintah CLI yang dihasilkan oleh Cisco SDM. Ini adalah perintah yang akan dikirimkan ke router untuk mengkonfigurasi NAT. The perintah juga dapat dimasukkan secara manual dari CLI untuk menyelesaikan tugas yang sama. Centang kotak untuk menjalankan Simpan config. untuk startup router config. Catatan: Secara default, perintah yang Anda hanya dihasilkan hanya akan memperbarui router berjalan
    file konfigurasi saat dikirim. Jika router itu dimulai kembali, perubahan yang Anda buat akan hilang. Mencentang kotak ini akan memperbarui file konfigurasi startup juga, dan ketika router di restart, ia akan memuat perintah baru ke dalam menjalankan konfigurasi. Jika Anda memilih untuk tidak menyimpan perintah ke startup config saat ini, gunakan File> Tulis untuk Config startup opsi di SDM atau menggunakan copy running-config startup-config perintah dari CLI menggunakan sesi terminal atau Telnet.
  4. Klik Kirim untuk menyelesaikan konfigurasi router.
  5. Pada jendela Status Pengiriman Perintah, perhatikan teks yang mengatakan bahwa menjalankan config adalah berhasil disalin ke startup config. Klik OK untuk keluar wizard Basic NAT.
  6. Layar NAT akhir ini menunjukkan bahwa Interface Di dalamnya ada Fa0 / 0 dan antarmuka luar S0/0/0. The internal pribadi (Original) alamat akan diterjemahkan secara dinamis ke alamat publik eksternal.
  1. Konfigurasi Router menggunakan CLI IOS
1
Cisco IOS adalah sistem operasi berbasis teks yang digunakan pada perangkat switch dan router buatan Cisco. Perintah-perintah Cisco IOS dikelompokan menjadi beberapa mode yang disebut Exec mode.
Secara umum ada dua mode utama yaitu :
  1. User Execmode
  2. Privileged Exec Pada Privileged Exec mode ini kita bisa masuk pada Global Configuration yang biasa digunakan untuk mengkonfigurasi IP pada tiap interface, Routing, Vlan.
Setting IP pada PC1 :
2
KONFIGURASI R1
Masuk Global Konfigurasi (Konfigurasi hostname, password privillage mode)
Router>enable
Router#configure terminal
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Router(config)#hostname R1
R1(config)#enable secret class
Konfigurasi Line Console dan Line VTY
R1(config)#line console 0
R1(config-line)#password cisco
R1(config-line)#login
R1(config-line)#exit
R1(config)#line vty 0 4
R1(config-line)#password cisco
R1(config-line)#login
R1(config-line)#exit
Konfigurasi IP Interface
R1(config)#interface se0/0/0
R1(config-if)#ip address 192.168.1.1 255.255.255.252
R1(config-if)#clock rate 64000
R1(config-if)#no sh
%LINK-5-CHANGED: Interface Serial0/0/0, changed state to down
R1(config-if)#exit
R1(config)#interface fa0/0
R1(config-if)#ip address 192.168.2.254 255.255.255.0
R1(config-if)#no sh
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/0, changed state to up
%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface FastEthernet0/0, changed state to up
R1(config-if)#exit
Konfigurasi Routing RIP Versi 2
R1(config)#router rip
R1(config-router)#version 2
R1(config-router)#network 192.168.1.0
R1(config-router)#network 192.168.2.0
Menyimpan Konfigurasi pada NVRAM
R1#copy running-config startup-config
Destination filename [startup-config]?
Building configuration…
[OK]
Setting IP pada PC2 :
3
KONFIGURASI R2
Masuk Konfigurasi Global
Router>enable
Router#configure terminal
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Router(config)#hostname R2
R2(config)#enable secret class
R2(config)#line console 0
R2(config-line)#pass cisco
R2(config-line)#login
R2(config-line)#exit
R2(config)#line vty 0 4
R2(config-line)#pass cisco
R2(config-line)#login
R2(config-line)#exit
R2(config)#interface fa0/0
R2(config-if)#ip address 192.168.3.254 255.255.255.0
R2(config-if)#no shutdown
R2(config-if)#
%LINK-5-CHANGED: Interface FastEthernet0/0, changed state to up
%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface FastEthernet0/0, changed state to up
R2(config-if)#exit
R2(config)#interface se0/0/1
R2(config-if)#ip address 192.168.1.2 255.255.255.252
R2(config-if)#no sh
R2(config-if)#
%LINK-5-CHANGED: Interface Serial0/0/1, changed state to up
R2(config-if)#
%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface Serial0/0/1, changed state to up
R2(config-if)#exit
R2(config)#router rip
R2(config-router)#version 2
R2(config-router)#network 192.168.3.0
R2(config-router)#network 192.168.1.0
R1#copy running-config startup-config
Destination filename [startup-config]?
Building configuration…
[OK]
PERIFIKASI KONFIGURASI
1. Tampilkan konfigurasi yang sedang berjalan pada tiap router dengan printahshow running-config
2. Temukan hostname, password, ip address dan protokol routing pada router yang telah di konfigurasi
3. Ping PC2 dari Command Prompt PC1
4
4. Trace the network pathatau mengecek jalur network dari PC1 ke PC2 (PC>tracert 192.168.3.3)
5

1 komentar:

  1. Casinos Near Harrisburg (PA) – Where to stay closest to Harrisburg
    Find Casinos Near 서울특별 출장마사지 Harrisburg (PA) 구미 출장마사지 with map. 여수 출장샵 The 파주 출장안마 Best Casino Near Harrisburg. Best Chance to Play at Penn National Race 공주 출장샵 Course.

    BalasHapus